Jago Mewarnai Dengan Crayon


Assalamualaikum bunda-bunda cantik 😍

Kali ini aku ingin berbagi tips buat bunda tentang melatih anak untuk jago melukis. Untuk kategori anak usia dini biasanya menggunakan crayon ya bun. Jadi, kali ini aku ingin berbagi tips mewarna menggunakan crayon. Bunda, bangga tidak kalau anaknya jago melukis?
Kalau aku sih, si doi bisa coret-coret aja uda seneng apalagi sampai jago melukis. Waaahh gak kebayang betapa bangganya.

Jaman sekarang banyak sekali event-event dengan kategori lomba mewarna untuk anak usia dini. Pasti setiap bunda disini pernah dong mengantarkan si kecil ikutan lomba mewarna. Sebagian besar orang mungkin mengajak anak untuk ikut lomba mewarna sebatas memunculkan rasa percaya diri pada anak. Beberapa orang tua juga ada yang benar-benar antusias ingin anaknya menjadi juara lomba mewarna. Atau mungkin ada juga yang berkali-kali ikutan lomba tapi gak pernah menang?

Setiap anak pasti menyukai warna. Mereka selalu tertarik dengan berbagai hal yang penuh warna. Itulah sebabnya kenapa di Taman Kanak-kanak selalu diajarkan mewarna dan menyanyi saja. Hal itu penting bagi perkembangan otak kanan si anak. Melatih anak untuk peka terhadap sesuatu. Kadang kita mudah menyimpulkan bahwa anak yang tidak bisa mewarnai dengan baik mereka tidak berbakat. Jangan berpikir seperti itu ya bun. Setiap anak memiliki bakat seni dalam dirinya, termasuk melukis. Apa mungkin semua anak bisa melukis? jawabanya ya

Sebagai orang tua, kita hanya perlu melatih dan mendukung. Tentunya agar anak kita jago melukis dengan crayon, maka kita sebagai orang tua harus jago terlebih dahulu. eiiittsss... tidak ada kata "tapi, saya gak jago melukis.."😆
Sekarang, perhatikan baik-baik resep yang akan ku bagikan buat bunda-bunda. Betapa mudahnya belajar mewarna pakai crayon. Gak perlu les privat kemanapun ya 😊

Buat adik-adik or kakak-kakak yang mungkin ingin belajar mewarna memakai crayon, yuk ikutan nyimak.... 😊


Sebelum ke proses mewarna, tentunya kita harus menyiapkan alat dan bahan

1. Crayon
Jenis crayon yang dipakai bebas, tidak harus terikat oleh merk ataupun harga yaaa. 
yang penting crayon hehe...

2. Kain Lap
waaahhh.... pake kain lap segala, kayak mau ngelap piring ya... hihihi
Kain lap itu penting, namun bisa juga digantikan menggunakan tisu. Akan tetapi menggunakan tisu lebih boros karena cepat habis. Pada dasarnya fungsi penggunaan kain lap ini adalah adalah untuk membersihkan crayon. 

3. Kuas besar
Kuas besar ini digunakan untuk membersihkan butiran-butiran halus ketika selesai mewarna.

4. Pensil kaca
Pensil kaca ini adalah proses terakhir dari kegiatan mewarna, tujuannya adalah memberikan warna outline pada gambar yang sudah diwarnai. Dengan begitu hasil gambar nantinya akan terlihat lebih bagus dan jelas.

Naaahh... 
setelah selesai membahas tentang alat dan bahan dalam mewarna selanjutnya yuk mulai mewarna..!

Pertama, kita harus paham tentang macam-macam warna terlebih dahulu..
Aku biasa menggunakan warna-warna pelangi yaitu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu...
Ketika mewarna menggunakan crayon alangkah baiknya jika kita memahami warna gradasi. Warna gradasi itulah yang menciptakan lukisan kita nampak lebih indah. Biasanya kan kita mewarna hanya menggunakan satu warna saja, sekarang yuk pahami pasangan warna gradasi .....


Perhatikan penjelasannya dibawah ini yaa.....!
1. Gradasi merah adalah pencampuran warna Merah, Jingga dan Kuning
2. Gradasi kuning adalah pencampuran warna coklat muda, kuning dan putih
3. Gradasi hijau adalah pencampuran warna biru, hijau tua, dan kuning
4. Gradasi Biru adalah pencampuran warna Biru tua, Biru muda dan putih
5. Gradasi Coklat adalah pencampuran warna coklat tua, coklat muda dan kuning
6. Garadasi Ungu adalah pencampuran warna Ungu tua, ungu muda dan putih
7. Gradasi Hitam adalah pencampuran warna Hitam, Abu-abu dan putih
8. Gradasi Pink adalah pencampuran warna Pink dan putih

Catatan: untuk membuat warna gradasi dimulai dari warna yang paling gelap dulu ya....😊

Jadi mulai sekarang coba ajari si kecil mewarna dengan menggunakan perpaduan warna gradasi ya bun. 

okeeee......
sekarang ku persembahkan hasil dari mewarna menggunakan crayon dengan warna gradasi..








Selamat mencoba ya bun.. 😎





2 comments:

  1. Mewarnai memang ngaruh sama otak kanan ya kak, pantesan dulu bapakku sering beliin aku crayon ketika msh sekolah. Mewarnai itu menyenangkan ya kak, apalagi mewarnai hari2 bersama org tercinta eaaa wkkwkwks

    ReplyDelete
  2. wait, aku cariin dulu rumus mewarnai hari-hari bareng orang tercinta 🤣😆

    ReplyDelete