Tips Memilih Lomba Foto untuk Bayi


Assalamualaikum bunda-bunda cantik....😍
Kali ini aku mau sharing tentang pengalamanku ikutan kontes lomba foto buat anak dibawah satu tahun. Anyway bunda disini ada yang suka nggak ikutan kontes lomba foto anak, baik itu melalui media sosial maupun melalui event-event lainnya.

Nah kali ini aku mau cerita tentang pengalaman pertamaku ikutan lomba foto bayi melalui media sosial instagram. Ini juga pertama kalinya aku ikutan kontes seperti ini loh bun, dan ada banyak pengalaman seru dan pelajaran baru yang bisa didapetin.

Oke langsung aja nih, tips memilih kontes foto bagi pemula.

Pertama
Berawal dari keisenganku buka instagram. Karena pertama kali punya baby, jadi akhir-akhir ini sering banget kepoin akun-akun yang berhubungan dengan produk bayi. Niat awalnya sih nyari-nyari diskonan harga sama ikutan giveaway, kali aja ada yang cocok atau kecantol dapetin hadiah giveawaynya 😊---->> belum pernah dapet sih 🤣
Berhubung produk bayi yang ku pakai dirumah punya Cussons Baby, jadi mulai kepoin akun instagramnya. Eh, kebetulan banget Cussons Baby lagi ngadain kontes foto bersama produk. Yauda deh, besoknya tanpa basa basi langsung gercep fotoin si doi bareng si produk. Kebetulan saat itu usia si doi masih sekitar 4 bulanan, jadi masih bisa lah ya diatur posisi fotonya.

So, pertama kali yang harus dipertimbangkan saat ikutan kontes foto bayi dengan produk, pastikan bunda sudah pernah memakai produknya. Pake produknya sehari-hari justru lebih baik, jadi gak perlu deh beli produk lain yang gak dipake.

Kedua
Pastikan, untuk bunda-bunda yang masih awam ikutinnya kontes foto yang gak berbayar ya bun. Misalnya, kontes foto yang tanpa biaya pendaftaran. Sekarang lagi marak kasus penipuan mengatasnamakan kontes foto bayi. Nah kalau sudah gak berbayar kan kita gak rugi apa-apa😁 kita juga bisa posting banyak foto selama diijinkan oleh penyelenggara 🤣
Selanjutnya, setelah bunda menemukan kontes yang cocok atau sesuai jangan lupa baca baik-baik brief atau persyaratan yang diberikan oleh si penyelenggara. Kalau sudah jelas dengan briefnya baru deh eksekusi.

Ketiga
Ketika mulai eksekusi foto, bunda bisa pakai kamera apa saja. Kalau aku sih pakai kamera handphone aja. Kalau ada kamera SLR hasilnya bisa jadi lebih bagus. Berdasarkan pengalamanku ikutan kontes foto ini, kita jangan buru-buru ambil foto bayi dengan produk ya bun. Alangkah baiknya jika kita kepoin dulu kontestan lainnya, seperti gimana fotonya, apa saja produknya, setidaknya sebagai refrensi untuk kita. Tentunya syarat utama kualitas foto harus bagus dan tidak blur.
Setelah bunda mendapatkan foto yang pas, baru deh posting di web atau akun yang sudah diselenggarakan oleh brand.

Terakhir
Setelah semua persyaratan terpenuhi, posting foto selesai, tahap selanjutnya adalah menunggu hasil pengumuman dan berdoa 😊

Tips terakhir lainnya, kita juga harus memiliki pikiran terbuka ya bun. Sering-sering lihat postingan kontestan lainnya. Saat itu aku justru semangat melihat berbagai foto bayi yang lucu-lucu dan menggemaskan. Bahkan ada beberapa foto yang menurutku memang layak untuk jadi pemenang mengingat hasil fotoku yang masih dibawah standart. Tapi bukan berarti aku pesimis saat itu. Justru hal itu malah membuatku semakin termotivasi. Jadi motivasi buat nabung beli kamera 🤣🤣

Beberapa ibu mungkin ada yang senang banget ikutan kontes foto anaknya, beberapa dari mereka mungkin juga ada yang menganggap hal tersebut biasa saja, bahkan beberapa lainnya ada yang begitu antusias ikutan lomba kontes foto sampai sewa fotografer dan lainnya. Hal itu relatif dialami dan dirasakan semua ibu ya. Kita tidak bisa memaksakan untuk sama dengan ibu lainnya dan mengikuti trend. Aku pribadi juga baru pertama kali ikutan kontes foto anak. Bukan untuk ajang promosi di media sosial, tapi hal itu dilakukan hanya sebatas kesenangan, wujud bahagia karena memiliki bayi, ada rasa bangga tersendiri ketika bisa melihat foto anak terpampang di akun sebuah brand, dan kelak ketika si doi uda besar aku bisa nunjukin foto itu ke dia. "nak, ini loh dulu pas bayi kamu sering ikut lomba foto". Jadi melatih anak untuk lebih percaya diri ketika beranjak besar.

Balik lagi ke kontes lomba foto yang aku ikutin. Kira-kira menurut bunda aku menang nggak?🤣😅
Jawabannya ya pasti nggak menang lahh..
wkwkwkwk
Eitss tapi ini adalah pengalaman menyenangkan kok, bisa belajar fotografi sekalian dan nambah wawasan.
Beberapa minggu setelah kontes lomba foto ini selesai tiba-tiba si doi dapet paket sampel produk terbaru dari Cussons Baby. Naaahh ini niih yang bikin happy, lumayanlah meskipun gak menang tapi dapet sampel produk gratis kaann 😊
Gak sampai situ aja, beberapa minggu setelah dapet sampel produk, aku dapat email yang isisnya si doi mendapatnya voucher map senilai 100.000 dari Cussons Baby karena masuk dalam kategori 1000 pengapload foto pertama.

Bener-bener pengalaman ikutan kontes foto yang menyenangkan kan. gak ada biaya pendaftaran, dapet produk gratis eh dapet voucher belanja juga. Alhamdulillah rejeki si dedek bayi kan..😊
Selama kita menjalankannya dengan rasa senang, insyallah pasti gak akan menjadi beban kok.
Kan jadi semangat ikutan kontes foto selanjutnya.. 😎

1 comment:

  1. Bener banget kak, jangan sekali2 ikutan lomba yang berbayar yess hehehe. Secara Islam pun bisa masuk ke dalam kategori judi klo gak salah sih. Mantab tipsnya kak.

    ReplyDelete